Berita

Cara Membeli Tanah Sawah

05 Maret 2011 - Pertanahan

Bagaimana cara membeli tanah sawah dan cara pengurusan sertifikat tanahnya
Sebagaimana fungsinya negara kita adalah negara agraris artinya negara pertanian dan pleh sebab itulah kenapa kadang kita kalau membeli tanah sawah sering tidak bisa di proses jual belinya.

okelah kalau begitu sebelumnya anda harus tahu dulu syarat membeli tanah sawah :

  1. Harus berdomisili sama letak tanah sawah yang mau dijual;
    Kenapa bagitu ya karena memang aturanya seperti itu dimana inti dari aturan tersebut aalah untuk kemakmuran rakyatnya artinya mengoptimalkan dalam penggarapan tanah sawah tersebut, bagaimana mungkin seorang pemilik tanah di jakarta membeli tanah sawah di jogjakarta, mungkinkah si pembeli tanah sawah tersebut sekaligus si penggarap tanah sawah ?, pastinya tidak mungkin kan.
    ya paling-paling di suruh menggarap orang lain, nah itulah salah satu alasan kenapa pemerintah tidak memperbolehkan orang luar kota bisa membeli tanah sawah di luar domisilinya.
  2. Sipenjual tanah sawah tidak memiliki tanah sawah selain yang di jual;
    artinya apa ? artinya tidak lain adalah jikalau si penjual masih mempunyai tanah sawah yang lain harus dijual juga, nah sampai disini kadang memang banyak pertanyaan "kenapa kepemilikan tanah sawah tidak bisa di jual sebagaian" inilah yang selama ini menjadi pertanyaan dalam masyarakat kita, sementara kebutuhan sangat mendesak misalnya : untuk kebutuhan sekolah anaknya, untuk berobat, atau bahkan untuk biaya kematian sekalipun, tetapun tidak bisa.
    Alasanya Aturanya adalah untuk membatasi terjadinya jual beli tanah sawah sehingga tidak optimalnya tujuan dari pada negara AGRARIS tadi.
  3. Si pembeli harus mempunyai modal tanah sawah maksuDnya adalah Pembeli sebelumnya sudah memiliki tanah sawah artinya memang si pembeli tanah sawah tersebut betul-betul ingin di garapnya tanah tersebut sehingga tanah yang baru tersebut tidak terlantar.
itulah sebabnya kesan dalam pengurusan jual-beli sawah terkadang amat sulit dan terkesan berbeli-belit, muah-mudahan dengan sangat singkat artikel ini bisa bermanfaat bagai masyarakat semua.

dan bagaimanakah solusinya atau cara membeli tanah sawah tiak ada jalan lain selain meminta persetujuan sama pemilik tanah sawah tersebut untuk di rubah setatus tanahnya menjadi PEKARANGAN jika tiak ana bisa berpindah KTP sesaui letak tanah yang ada

NB: Artikel di atas saya buat atas dasar pendapat dan pengalaman saya pribadi dan tidak mewakili suatu instansi terkait

yoyok (#11968 views)

  Kirim ke Teman   Cetak halaman ini   Posting komentar  Share on Facebook

Komentar Untuk Berita Ini (0)

LAYANAN KAMI

JasaMengurusTanah.com terbentuk adalah turut serta dalam program pemerintah indonesia dalam pendaftran Pengukuran tanah sehingg diharapkan administrasi pertanahan akan semakin baik dan bidang tanah wilayah NKRI terdaftar semua sehingga ketika  di butuhkan informasi akan lebih cepat akurat. mengingat pendaftaran tanah indonesia baru sekitar kurang lebih 60 persen yang sudah di adakan ...

Layanan Lain

AGENDA

November 2017
MSSRKJS
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930