Berita

Hal Penting Sebelum Melakukan Jual Beli Tanah dan Bangunan

10 September 2013 - Artikel

Beberapa Hal Penting Sebelum Melakukan Jual Beli Tanah dan Bangunan:

  • 1. Apakah orang yg akan menjual memang benar pemilik (pemegang hak) Contoh: nama penjual A, tp tertulis di Sertipikat X. Artinya A bukanlah pemilik. Bisa jadi A itu Ahli Waris X atau A membeli dari X tanpa AJB untuk menghindari Pajak, dll.
  • 2. Apakah anda sebagai calon Pembeli adalah subyek yg diperbolehkan memiliki tanah dan bangunan tsb? Contoh: anda adalah WNA atau mempunyai pasangan WNA tanpa ada Perjanjian Pisah Harta, maka anda tidak dapat memilikinya.
  • 3. Apakah anda membeli tanah pertanian di luar wilayah anda. Contoh: anda di Surabaya pengen beli tanah pertanian di Bali. Maka itu tidak diperbolehkan. Ada larangan kepemilikan tanah absente.
  • 4. Apakah tanah yg anda beli udah di luar batas maksimum/belum. Sebab setiap orang maksimum hanya boleh punya sebanyak 5 bidang dengan luas 2 hektar saja.
  • 5. Apakah jangka waktu hak sudah berakhir atau belum. Sebab untuk SHGB dan SHGU ada jangka waktunya. Jangan sampai anda membeli tanah SHGB/SHGU dengan kondisi sudah jatuh tempo.
  • 6. Apakah di atas tanah yg akan anda beli ada hak yg lebih tinggi. Contoh: anda akan beli tanah SHGB yg di atasnya ada Hak Pengelolaan (HGB dibuat di atas sebagian tanah Hak Pengelolaan). Maka Penjual dan anda harus izin dahulu kepada pemegang Hak Pengelolaan tersebut.
  • 7. Apakah rumah yg anda beli pernah menjadi jaminan kredit dan belum dilakukan penghapusan (roya). Apabila demikian, maka anda harus meminta SURAT ROYA dan SURAT LUNAS dari Penjual agar nantinya dapat di balik nama.
  • (#4068 views)

      Kirim ke Teman   Cetak halaman ini   Posting komentar  Share on Facebook

    Komentar Untuk Berita Ini (0)

    LAYANAN KAMI

    JasaMengurusTanah.com terbentuk adalah turut serta dalam program pemerintah indonesia dalam pendaftran Pengukuran tanah sehingg diharapkan administrasi pertanahan akan semakin baik dan bidang tanah wilayah NKRI terdaftar semua sehingga ketika  di butuhkan informasi akan lebih cepat akurat. mengingat pendaftaran tanah indonesia baru sekitar kurang lebih 60 persen yang sudah di adakan ...

    Layanan Lain

    AGENDA

    September 2017
    MSSRKJS
    12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930