Berita

MENGENAL LEBIH DEKAT SERTIFIKAT TANAH ( Bag.III)

25 November 2010 - Artikel

PENERBITAN SERTIFIKAT

Setelah lebih memahami mengenai manfaat dan kegunaan dari sebuah sertifikat tanah, maka apabila tanah anda  belum bersertifikat segeralah anda memperkuat dokumen-dokumen tanah yang anda miliki dengan mengajukan permohonan penerbitan sertifikat kepada pejabat yang berwenang.  Untuk itu,  berikut  di bawah ini saya sampaikan gambaran umum mengenai proses pengajuan atau permohonan penerbitan sertifikat tanah.aturan tentang sertifikat tanah

Untuk memperoleh sertifikat tanah diperlukan upaya, waktu dan biaya yang tidak sedikit, mulai dari  mengajukan permohonan,  mempersiapkan bukti-bukti dan surat-surat yang diperlukan, serta menghadap pejabat-pejabat yang terkait.  Langkah pertama yang harus dilakukan adalah  dengan mendatangi kantor pertanahan kabupaten atau kotamaddya setempat untuk mendaftarkan tanah. Untuk ini anda diharuskan mengisi formulir – formulir tertentu yang disediakan dan melengkapi dokumen-dokumen yang terkait, seperti misalnya akta jual – beli,  akta hibah,  keterangan-keterangan pejabat atau dokumen-dokumen lain yang terkait.

Setelah semua persyaratan dipenuhi,  selanjutnya anda tinggal menunggu penyelesaiannya,  yang akan memakan waktu  kurang lebihnya  3 s/d 6 bulan, bahkan untuk kasus – kasus pengurusan tanah tertentu – misalnya yang  menyangkut kewenangan pejabat yang lebih tinggi – bisa lebih dari itu. Namun,  selama masa menunggu tersebut,  saya sarankan anda jangan pasif, anda harus rajin  dan tidak bosan-bosannya  menanyakan kepada  petugas yang mengurusnya dan demi keamanan dokumen tanah anda dan  agar lebih hemat  biaya, saya  sarankan untuk mengurusnya sendiri.

Memang dalam pelaksanaannya pengurusan sertifikat ini cukup sulit dan sangat merepotkan. Namun seandainya anda sibuk dan tidak sempat untuk mengurus sendiri, ada alternatif lain yang bisa ditempuh,  yaitu dengan menggunakan semacam biro jasa atau dapat juga melalui notaris, walaupun sebenarnya saya  tidak menyarankan, demi keamanan dokumen tanah anda sendiri dan  kemungkinan  biaya  yang dikeluarkan akan lebih besar.

Tanah Girik letter c hak adat Pertanyaan yang paling sering diajukan adalah adalah bagaimana seandainya kita hanya memiliki bukti – bukti berupa  surat-surat pajak seperti  petuk pajak bumi, girik, ketitir dan  Ipeda, apakah akan diakui dan diterima oleh p ejabat yang berwenang dalam rangka penerbitan sertifikat ?  Terhadap tanah – tanah yang kepemilikannya bersifat turun temurun dari nenek moyang dan hanya memiliki dokumen berupa tanda pajak seperti girik , petuk pajak bumi, girik, ketitir dan  Ipeda, maka untuk mendaftarkan tanah anda harus  membawa surat tanda pajak tersebut di atas,  Surat Pernyataan Kepala Desa tentang kepemilikan tanah tersebut yang dikuatkan oleh Camat dan surat pernyataan  bahwa tanah tersebut tidak ada sengketa dan tidak sedang dijadikan tanggungan utang. Kelak dalam proses penerbitan sertfikatnya wajib diumumkan kepada masyarakat luas.
Sumber

yoyok (#9345 views)

  Kirim ke Teman   Cetak halaman ini   Posting komentar  Share on Facebook

Komentar Untuk Berita Ini (0)

LAYANAN KAMI

JasaMengurusTanah.com terbentuk adalah turut serta dalam program pemerintah indonesia dalam pendaftran Pengukuran tanah sehingg diharapkan administrasi pertanahan akan semakin baik dan bidang tanah wilayah NKRI terdaftar semua sehingga ketika  di butuhkan informasi akan lebih cepat akurat. mengingat pendaftaran tanah indonesia baru sekitar kurang lebih 60 persen yang sudah di adakan ...

Layanan Lain

AGENDA

November 2017
MSSRKJS
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930